Bupati Tanggamus Launching Lides di Pematangsawa

21

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Bupati Tanggamus, Dewi Handajani melakukan Launching Penyalaan Perdana Listrik Desa (Lides), di Dusun Purwosari Pekon Way Nipah, Kecamatan Pematangsawa kabupaten setempat, Selasa (15/9/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,
Ketua DPRD, Heri Agus Setiawan, Staf Ahli Bupati Firman Ranie, Manajer PLN UP3 Metro, Djoko Nur Astanto, Manajer UP2K UID Lampung, Badruz, Kepala Dinas Tenaga Kerja Mulkifli Novem, Camat Pematangsawa, Agus Somad, Uspika Pematansawa bersama kepala pekon serta tokoh masyarakat  kecamatan setempat.

Bupati Dewi memberikan apresiasi kepada PT PLN dengan adanya program Lides sebagai jawaban dari harapan masyarakat Pekon Way Nipah, Kecamatan Pematangsawa.

“Program Lides di Dusun Purwosari dan Tejomulyo, tahap awal jaringan listrik di delapan pekon sebelah Selatan Pematangsawa, yang belum teraliri listrik PLN. Nanti dari sini, akan dilanjutkan jaringan listriknya melintasi dusun Padamaran, Telukberak, sampai ke Pekon Tampangtua,” terang Bupati.

BACA JUGA:  Kades Pekondoh Gedung Hadiri Peletakan Batu Pertama Ponpes Amirinal Mubtadi'in

Bupati Dewi mengaku sangat bangga dan terharu, melihat antusias masyarakat di delapan pekon Kecamatan Pematang Sawa, yaitu Pekon Tampangtua, Tampangmuda, Martanda, Kaurgading , Wayasahan, Tirom, Karangbrak dan Telukbrak yang bergotong royong membuka badan jalan dan membangun jembatan darurat, agar PLN yang membawa peralatan dapat melintas sehingga daerahnya dapat terpasang jaringan listrik.

“Selain listrik dari PT PLN, Pemkab Tanggamus juga mengupayakan energi alternatif salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) khususnya untuk daerah terpencil,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Bupati Lamtim Buka Bimtek untuk Aparatur Desa Kecamatan Jabung

Saat ini, lanjut Bupati Dewi, Kabupaten Tanggamus memiliki 11 PLTS tersebar di Kecamatan Kelumbayan, Pematang Sawa dan Cukuhbalak dan dapat menerangi 2.124 rumah.

Sementara itu, Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan menyatakan, dengan adanya aliran listrik dapat meningkatkan kwalitas hidup masyarakat, dan lebih kreatif dalam membuat jenis usaha.

Launching program Lides tersebut, ditandai dengan penyalaan listrik oleh Bupati Tanggamus, Dewi Handajani di salah satu rumah warga yang telah terpasang aliran listrik desa.

Selain itu, Bupati Dewi juga menyerahkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat tidak mampu dan terdampak Covid-19. (Andi/rls)