Pemkab Pesawaran Berikan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung

34

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran melalui Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial memberikan bantuan kepada warga korban puting beliung, Senin (8/2/2021).

Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemerintah Pesawaran terhadap warga yang mendapat musibah bencana puting beliung yang tersebar di 5 Kecamatan di Kabupaten Bumi Andan Jejama.

“Ya, hari ini kita di utus oleh Bapak Bupati untuk meninjau dan sekaligus memberikan bantuan pada warga yang terkena musibah puting beliung kemarin,” ucap Sekda Kusuma Dewangsa yang di dampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mustari, Kepala Dinas Sosial Iqbal dan Camat Way Lima Syukur, saat di Wawancara’i di Balai Desa Cimanuk, selasa (9/2/2021)

Dikatakan Sekda, Bantuan ini adalah wujud perhatian Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, namun pada hari ini pak Bupati tidak bisa hadir dikarenakan masih ada kegiatan Vaksin untuk tahap ke 2, mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini dapat membantu dan meringankan warga yang terkena musibah.

“Bantuan ini berupa makanan, dan karpet tempat tidur, Air mineral, Peralatan dapur, makanan anak-anak dan beras. Namun berasnya belum kita salurkan sebab berasnya akan di lihat terlebih dulu, karena kita berikan bantuan itu harus yang layak untuk di konsumsi. Dan juga saya berharap pada warga yang menerima bantuan supaya tidak dilihat dari nilainya” jelas Sekda.

BACA JUGA:  Tekab 308 Presisi Polsek Terbanggibesar Tangkap Pengamen Pencuri HP

Sekda menambahkan, mengenai warga yang terkena musibah puting beliung kemarin untuk Kecamatan Way Lima ada 14 rumah warga dan 1 sekolahan SD yang rusak, Kecamatan Way Khilau Desa Kota Jawa, Sekolahan MTs 1 dan rumah warga 1. Sedangkan di Kecamatan Gedongtataan Desa Sungai Langka rumah 1. Kecamatan Teluk Pandan pondokan-pondokan Pantai Clara, sementara di Kecamatan Padang Cermin Desa Tambangan 1, Desa Banjaran juga ada 1 rumah.

“Kita prihatin dengan adanya musibah ini, namun kita masih bersyukur karena musibah ini tidak memakan korban jiwa. Maka, saya berharap pada warga masyarakat pesawaran agar selalu waspada dan berhati-hati di situasi yang masih ekstrim ini” imbaunya.

Sekda menambahkan, untuk sekarang ini lagi musim penghujan dan rawan rawannya bencana alam, yaitu salah satu bencana itu, yakni Lonsor, Puting Beliung dan Banjir. Maka mari kita sama-sama berdoa agar musibah bencana alam segera berakhir.

BACA JUGA:  27 Ribu UMKM Lamteng Diusulkan Terima Bantuan

“Sekarang inikan lagi musim penghujan, tentunya masih rawan banjir, lonsor dan puting beliung. Di tambah lagi musibah yang non bencana seperti wabah penyakit Virus Corona yang juga sampai saat ini belum hilang. Oleh karena itu, mari kita berdo’a agar segala musibah ini cepat berlalu” harapnya.

Di kesempatan yang sama saat penyerahan bantuan bencana puting beliung, Kepala Desa Cimanuk Khairullah, mengucapkan terima kasih pada Pemarintah Daerah Pesawaran, khususnya pada Bupati Dendi Ramadhona yang telah perhatian dan peduli terhadap warga masyarakat yang terkena musibah.

“Saya ucapkan terima kasih pada Bapak Bupati yang sudah merespon cepat terhadap musibah puting beliung yang menimpa warga Desa Cimanuk ini, dengan adanya pemberian bantuan berupa makanan dan peralatan dapur serta karpet tempat tidur tersebut, sekali lagi saya ucapkan terima kasih karana bantuan ini sangat membantu, bermanfaat sekaligus dapat meringankan warga saya yang terkena musibah” tutupnya. (Yudhi)