Presiden Jokowi Kembali Kunjungi Provinsi Lampung, Berikut Agendanya!

101
Pemprov Lampung bersama staf kepresidenan melakukan peninjauan lokasi Bendungan Way Sekampung, Senin (30/8/2021).

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Presiden Joko Widodo rencananya kembali mengunjungi Provinsi Lampung pada tanggal 2 September 2021. Agenda Presiden kali ini meresmikan bendungan Way Sekampung yang berada di Banjarejo, Banyumas, Kabupaten Pringsewu.

Dalam agenda kedatangan Presiden. Pemprov Lampung bersama jajaran TNI dan Polri menggelar rapat persiapan di Rumah Dinas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Senin (30/8/2021).

Sementara Pemprov Lampung bersama staf kepresidenan melakukan peninjauan lokasi bendungan Way Sekampung dalam rangka persiapan menyambut kedatangan orang nomor satu Indonesia ini.

Selain meninjau bendungan, Presiden Joko Widodo juga diagendakan mengecek pelaksanaan vaksinasi di SMA Negeri 2 Kota Bandar Lampung, dan SMA Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

BACA JUGA:  Mulai Besok, Pemkot Bandar Lampung Cek Suhu Tubuh Warga ke Setiap Rumah

Progres pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu,telah mencapai 100 persen.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Abdul Muis mengatakan Bendungan Way Sekampung dengan progres saat ini sudah mencapai 100 persen.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik per detik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55,373 hektar.

Selain itu, air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 hektar.

Manfaat lain Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter per detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro.

BACA JUGA:  Juara di MTQ Nasional, Gubernur Lampung Berikan Dana Pembinaan kepada Kafilah Provinsi

Kemudian, mereduksi banjir sebesar 185 meter kubik per detik dan berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 megawatt (MW).

Konstruksi Bendungan Way Sekampung terbagi menjadi 4 paket yaitu paket 1 dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk dengan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp 923 miliar.

Kemudian, paket 2 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dengan nilai kontrak Rp863,8 miliar.

Sedangkan untuk paket 3 dikerjakan PT PP (Persero) Tbk dan PT Ashfri dengan nilai kontrak Rp152,8 miliar, serta paket 4 dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp 135 miliar,” ungkapnya. (HL-Ayu)