Kamis: 30 Mei 2024
Beranda PROVINSI Pemerintah Provinsi Lampung Gelar Safari Ramadan dan Peringatan Nuzulul Quran Tahun 1445...

Pemerintah Provinsi Lampung Gelar Safari Ramadan dan Peringatan Nuzulul Quran Tahun 1445 H

11

BANDARLAMPUNG—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berpesan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat terus bekerja secara profesional, meskipun sedang menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1445H.

“Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengharapkan kepada ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung kiranya dapat terus bekerja secara profesional. Bulan puasa kiranya tidak menjadikan kinerja kita menurun. Namun bulan Ramadan kiranya menjadi momentum untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucap Gubernur saat membuka kegiatan Safari Ramadan sekaligus peringatan Nuzulul Quran Tahun 1445H/2024M serta Buka Puasa Bersama Gubernur Lampung, di Mahan Agung, Kamis (28/03/2024).

Gubernur Arinal mengatakan bahwa setiap kali melaksanakan ibadah Puasa di bulan Ramadan, maka di bulan tersebut juga diperingati Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an merupakan momen turunnya wahyu pertama kepada Rasulullah SAW, dan membawa cahaya kehidupan bagi umat manusia.

“Al-Qur’an bukanlah sekadar kitab suci bagi umat Islam, tetapi juga pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Di dalamnya terkandung ajaran-ajaran mulia tentang kasih sayang, perdamaian, keadilan, dan kebersamaan,” ucap Gubernur.

BACA JUGA:  TP PKK Provinsi Kunjungi Desa Model Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting Kota Metro

Dua hal yang harus diperhatikan menurut Gubernur setiap kali memperingati hari besar Islam, yaitu sebagai bahan Introspeksi dan Introprospektif. introspeksi maksudnya sebagai bahan perenungan sudah sejauh mana membaca, menghafalkan dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Sedangkan Introprospektif bisa dimaknai upaya  menjadikan Alquran terus sebagai penuntun menuju masa depan.

Memasuki hari yang ke-17 Puasa Ramadan 1445H. Gubernur berharap agar semua yang berpuasa dapat melaksanakan puasa dengan tuntas dan penuh dengan keimanan.

“Saya juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kerukunan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kekompakan antar seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” ucap Gubernur.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung

“Insya Allah, dengan situasi yang aman dan kondusif tersebut, roda pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan optimal, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” tutup Gubernur.

Pada kegiatan tersebut Gubernur juga menyerahkan bantuan kepada Masjid Nurul Amin di Panjang Selatan sejumlah Rp.30juta, kemudian santunan kepada anak-anak yatim, bantuan sembako untuk kelompok keluarga renta, dan dua kursi roda untuk penyandang disabilitas.

Kegiatan pengajian dan peringatan Nuzulul Quran ini juga diisi dengan tausiah dan doa bersama oleh Ustadz H. Asep Kholis Nurjamil S.HI., M.HI., kegiatan juga dihadiri oleh anggota Forkopimda Provinsi Lampung, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, Ketua MUI Provinsi Lampung, Ketua Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung, Ketua Muhammadiyah Provinsi Lampung, Para Kiyai, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Pemuda Provinsi Lampung. (*/kmf).