Polres Tubaba Gelar Apel Pasukan OPK 2020

27

HEADLINELAMPUNG, TUBABA  – Jajaran polres Tulangbawang Barat menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Patuh Krakatau 2020.

Gelar pasukan tersebut melibatkan sebanyak 60 personil gabungan dengan tujuan mencerminkan masyarakat tertib berlalu lintas di kabupaten setempat.

Apel gelar pasukan tersebut, dipimpin langsung Kapolres Tulangbawang Barat AKBP Hadi Saeful Rahman SIK, yang berlangsung di depan Mapolres setempat, Kamis (23/7/2020).

Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman S.IK mengatakan, kegiatan Operasi Patuh Krakatau tahun 2020 merupakan kegiatan serentak di jajaran Polri.

Kegiatan tersebut akan mengedepankan pola bersifat Preemtif 40 persen, Preventif 40 persen, dan Represif atau Penindakan Hukum 20 persen, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan saat bertugas.

“Operasi Patuh Krakatau 2020 akan berlangsung selama 14 hari, dan berakhir pada 05 Agustus mendatang,” ujarnya.

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Berikan Arahan Aparatur Pekon Gadingrejo Utara

Dalam Operasi Patuh Krakatau tersebut, ada beberapa titik yang akan dijadikan tempat pelaksanaan OPK.

Diantaranya, di depan Mapolres dan kantor Samsat Tubaba, kemudian ada juga yang akan dilakukan wilayah Kecamatan Lambu Kibang.

“Dalam kegiatan ini kita juga akan memprioritaskan pemberian edukasi, agar pengendara menerapkan protokol kesehatan saat berkendara. Semoga dalam pelaksanaan nanti dapat berjalan lancar, dan tujuan dari kegiatan Operasi Patuh ini bisa tercapai,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya Ops Patuh Krakatau itu, tentunya masyarakat akan lebih patuh lagi terutama melengkapi surat-surat kendaraan bermotor, etika berkendara, mematuhi rambu-rambu lalulintas serta keselamatan, dengan tujuan supaya masyarakat tertib dan selamat selama melaksanakan kegiatan berlalulintas di jalan raya.

“Dalam kegiatan OPK yang akan dilakukan selama 14 hari tersebut kita juga dibantu oleh TNI, pemerintah daerah yang terdiri dari Dinas Perhubungan dan Satpol-PP, dan juga saya mengajak kepada khususnya masyarakat Tubaba agar mempersiapkan diri, terutama kelengkapan surat-surat kendaraan, kapasitas muatan yang harus tidak lebih dari 50 persen dari daya tampung penumpangnya untuk mobil, serta kelengkapan pengaman saat berkendara seperti memakai helm, tidak melawan arus, dan pelanggaran lainnya,” terangnya.

BACA JUGA:  Polres Tanggamus Gelar Operasi Yustisi

“Saya juga menekankan kepada anggota Polri dalam melaksanakan Operasi Patuh Krakatau agar mengedepankan prinsip 3P (Proactive, Partnership dan Problem Solving), mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan baik bagi petugas maupun masyarakat dalam melaksanakan tugas serta menghindari tindakan-tindakan kontraproduktif yang dapat merusak Citra Polri dan lakukan tugas operasi dengan baik serta berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya. (*/dra)