Bertambah Tiga Kasus, Kabupaten Tuba Masuk Zona Orange Covid-19

9

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tulang Bawang (Tuba), kembali bertambah tiga. Dengan penambahan tersebut, total positif Covid-19 berjumlah 23 kasus.

Juru bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuba, Fatoni membenarkan adanya penambahan tiga kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19.

Dikatakanya, tiga warga Tuba positif Covid-19 yakni, pasien 021 berinisial S (21), warga Kampung Penawarrejo, Kecamatan Banjarmargo, pasien 022 berinisial E (23), warga Kampung Morisjaya, dan pasien 023 berinisial O (32), warga Kampung Dwiwarga Tunggaljaya, Kecamatan Banjaragung.

“Saat ini ketiga pasien tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Menggala,” kata Fatoni, Rabu (21/10/2020).

Dijelaskannya, ketiga pasirn tersebut merupakan pegawai Rumah Sakit Mutiara Bunda (RSMB), Unit ll Banjaragung Kabupaten Tuba terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjadi pasien 021, 022, dan 023.

BACA JUGA:  Bupati Tuba Rolling 9 Pejabat Eselon II

“Tiga kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, merupakan pegawai RSMB unit II Banjaragung,” imbuhnya.

Fatoni mengatakan, temuan kasus baru Covid-19 itu merupakan hasil tracing yang dilakukan RSMB. Dari hasil tes cepat yang dilakukan, terhadap pegawai RSMB lima orang didapati hasil reaktif. Namun, hanya tiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mereka semua ini terkomfirmasi, akibat hasil tracing yang dilakukan serentak oleh RSMB. Dari semua itu, lima yang reaktif dan tiga diantaranya positif,” jelasnya.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Kasatlantas Polres Way Kanan Imbau Masyarakat Tunda Mudik

Tracing dan rapid test atau tes cepat yang dilakukan RSMB terhadap pegawainya, terang Fatoni, merupakan inisiatif rumah sakit, sebagai tempat pelayanan publik, pegawai rumah sakit kerap terjadi kontak langsung dengan masyarakat.

“Tracing dan Rapid Tes yang dilakukan pihak RSMB, karena mereka banyak terjadi kontak dengan pasien-pasien yang pernah berobat, Kemudian rapid test dan akhirnya positif, Baik dari Tulangabwang dan Tubaba,” kata Fatoni.

“Saat ini ketiga pasien, tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Menggala. Sebagai upaya antisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan Covid-19, dan pihaknya telah melakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan,” pungkasnya. (salim/*)