Babinsa Koramil Purbolinggo Hadiri Pelantikan Anggota Pengawas TPS Pilkada Lamtim

45

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TIMUR-Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo, Kodim 0429/Lampung Timur (Lamtim), Serma Yudyanto menghadiri pelantikan dan bimbingan teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kecamatan Purbolinggo kabupaten setempat, Minggu (15/11/2020).

Kegiatan pelantikan 85 orang pengawas TPS yang digelar di Balai Desa Tanjung Inten, Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lamtim, dihadiri juga oleh Camat Purbolinggo Akih Sunaryo, dan Ketua Panwascam Purbolinggo Misbahul Munir.

Ketua Bawaslu RI melalui Ketua Panwascam Misbahul Munir menyampaikan, Pemilihan Gubernur dan Wagub, Bupati dan Wabup serta Walikota dan Wakil Walikota serentak yang akan digelar di 270 daerah, awalnya direncanakan pemungutan suara pada September 2020 dan tahapan-tahapan penyelenggaraanya telah dimulai sejak Oktober 2019.

Namun, karena terjadi wabah pandemi Covid-19, WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi dunia dan pemerintah menyatakan status darurat bencana.

BACA JUGA:  Zaiful Bokhari Hadiri Pengajian Akbar di Way Jepara Lamtim

Kemudian, mempertimbang hal tersebut KPU memutuskan untuk menunda tahapan Pilkada serentak sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19″.

Kemudian, lanjutnya, setelah ditunda tahan pilkada selama 3 bulan, pemerintah, DPR dan penyelenggara Pemilu sepakata memutuskan untuk melanjutkan kembali tahapan pilkada serentak tahun 2020 dan pelakaanaan pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Sementara itu, Camat Purbolinggo Akih Sunaryo mengatakan, janji yang sudah ucapkan oleh pengawas TPS yang baru dilantik dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat.

Menurutnya, pesta demokrasi pada 9 Desember mendatang, akan menetukan arah dan kebijakan Lamtim 5 tahun mendatang.

“Jadi saya harapkan, emban amanah ini dengan jujur dan adil sehingga akan jadi ladang amal dan ibadah,” tukasnya.

BACA JUGA:  Bawaslu Lampung Temukan Data Pendukung Ganda Ike - Zam

Terkait kasus Covid-19 yang terus bertambah, Akih mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam melaksanakan aktivitas sehari dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan selalu menjaga jarak.

Sedangkan, Babinsa Koramil Purbolinggo, Serma Yudyanto menyatakan, sepenuhnya mendukung pelaksanaan Pilkada Lamtim 2020 agar berjalan dengan aman, damai dan kondusif serta selamat ditengah wabah Covid-19.

“Saya ucapkan selamat bertugas, kepada 45 anggota pengawas TPS yang baru dilantik. Dan, diharapkan penuh tangguh jawab pedomani prinsip jujur, adil dan netral sehingga tercipta Pilkada yang mampu menghasilkan pemimpin membawa kemajuan dan kemakmuran Kabupaten Lamtim lima tahun mendatang. (*/Iman)