Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulangbawang Barat Validasi Data

73
Aprizal.

HEADLINELAMPUNG,TUBABA-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan memvalidasi data dengan dua Dinas dan satu Badan yakni, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan BPS Statistik.

Dikatakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tubaba, Aprizal mengatakan, sekarang ini mereka sedang gencar memvalidasi data yang akurat yang berhubungan dengan pangan,guna selalu memastikan masyarakat Tubaba selalu dalam keadaan sehat.

“Kami sudah pernah minta data dari beberapa dinas, baik data dari Dinkes tentang stanting dan kami lihat cukup baik indeksnya dan indeks kita dibidang sosial. Untuk kemiskinan, di Tubaba cukup baik di Provinsi Lampung hanya 7 persen,” ujar Aprizal, Senin (29/03/2021).

BACA JUGA:  Pemerintah Tiyuh Mulya Kencana Tubaba Salurkan BLT-DD Tahap Pertama

Selain itu, lanjutnya, Dinas Ketahanan Pangan juga sudah meminta data dari BPS Statistik, yang bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan dalam menjalankan tugas.

“Akan tetapi, cara pemetaan pengumpulan data dari kita dan mereka sedikit berbeda. Untuk infrastruktur saja, mereka hanya memetakan jalan provinsi atau pusat,sedangkan jalan tiyuh atau jalan pertanian tidak dipetakan. Ini yang membuat kita perlu lakukan validasi lagi,karena kita tahu infrastruktur salah satu penunjang dalam mencukupi ketahanan pangan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pendapatan Kota Metro Diproyeksikan Rp908,3 Miliar

Sambungnya, Mmreka akan segara mengundang dinas dan badan.terkait guna menyamakan data yang sama dan bila berbeda akan dicarikan solusinya. Karena, jangan sampai data di Tubaba objeknya sama, namun lain dinas lain juga datanya yang membuat misdata.

“Kami harus duduk bersama, dengan dinas-dinas atau badan yang lainnya guna menyamakan data. Karena, kita tahu apapun bantuan dari provinsi atau pusat melihat data yang benar. Jadi, tujuan dari data ini agar Kabupaten Tubaba semakin berjaya,” pungkasnya (Holidin/Elan)