Koleksi Rusa Tutul Taman Kehati Capai 35 Ekor

204
Koleksi rusa tutul di Taman Kehati Mesuji.Foto Ist

HEADLINELAMPUNG, MESUJI-Rusa tutul merupakan salah satu Jenis satwa koleksi Taman Keanekaragaman Hayati (Hayati) yang merupakan jenis satwa dengan jumlah terbanyak. Taman Kehati yang berlokasi di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Tanjung Raya tersebut memiliki setidaknya 35 ekor Rusa Tutul.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala UPTD Taman Kehati, Edwin Sirait, mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agung Subandara. Edwin memaparkan ada dua jenis rusa yang dipelihara oleh Taman Kehati, yaitu Jenis Rusa Tutul, dan Jenis Rusa Sambar. Berbeda dengan Rusa tutul dengan populasi yang cukup banyak, Rusa sambar hanya berjumlah dua ekor.

BACA JUGA:  Kapolres Pesawaran Lepas Keberangkatan Tim Bansos

Edwin menjelaskan, Rusa Tutul koleksi Taman Kehati Mesuji merupakan Hibah dari Istana Presiden Bogor pada tahun 2018, saat itu jelasnya, Istana Presiden Bogor memberikan lima pasang Rusa Tutul.

“Awalnya kita menerima sebanyak lima pasang Rusa Tutul dari Istana Presiden Bogor pada tahun 2018, saat ini berkembang menjadi sekitar 35 ekor di lokasi seluas lebih kurang setengah hektare yang kita sediakan khusus untuk Rusa,” jelas Edwin saat ditemui di lokasi tersebut (13/9/2022).

BACA JUGA:  Pemkab Tubaba Raih WTP Kesembilan secara Beruntun dari BPK RI

Namun tambahnya, luas lokasi yang ada untuk lokasi khusus di Taman Kehati saat ini melebihi kapasitas dari jumlah Rusa yang ada, karena jelasnya, untuk jumlah Rusa Tutul 35 ekor dan Rusa Sambar sebanyak dua ekor tersebut efektif nya memiliki ruang seluas satu hektare.

“Untuk kapasitas rusa sebanyak yang kita miliki sekarang seharusnya kita menyediakan lahan seluas satu hektare, namun untuk saat ini lokasi yang kita punya hanya setengah hektare dari total luas keseluruhan Taman Kehati yaitu 10 hektare,” tutupnya.(HL-RANGGA)