Peringati HSN, Santri Pringsewu Gelar GSS

16

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Memperingatan Hari Santri Nasional (HSN) 2020 di Kabupaten Pringsewu, dilakukan secara sederhana dengan protokol kesehatan (Prokes).

Salah satunya adalah, kegiatan Gowes Santri Sarungan (GSS), yang dilepas oleh Bupati Pringsewu, Sujadi di depan komplek Makam Pahlawan KH Ghalib Kecamatan Pringsewu Barat, Minggu (18/10/2020).

GSS yansg menempuh jarak sekitar 7 km ini berakhir di gedung PCNU Kabupaten Pringsewu, Desa Gumukrejo, Kecamatan Pagelaran.

BACA JUGA:  Hati-Hati Bagi Pengendara, Jangan Parkir Sembarangan di Bahu Jalan, Kalo Tidak Mau Diderek

Peringatan HSN setiap 22 Oktober tersebut, ditetapkan Presiden RI, Joko Widodo, berdasarkan Keputusan Presiden RI No: 22/2015.

Penetapan ini merupakan penghargaan pemerintah terhadap peran para santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan RI, yang merujuk pada ‘Resolusi Jihad’ yang merupakan fatwa kewajiban untuk berjihad demi mempertahankan kemerdekaan NKRI.

Resolusi jihad inilah yang mencetuskan peristiwa heroik 10 November 1945. Untuk HSN tahun 2020 ini, tema yang diangkat adalah ‘Santri Sehat Indonesia Kuat’. (mega/rls)

BACA JUGA:  Belum Reda,  20 Kasus Baru Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Metro