Disdukcapil Kota Metro Berencana Terapkan Digital Id

77

HEADLINELAMPUNG, METRO – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Disdukcapil) berencana menerapkan Identitas Kepedudukan Digital atau Digital Id.

Kepala Disdukcapil Kota Metro, Maria Fitri Jayasinga menjelaskan,  dalam penerapan Digital ID tersebut masyarakat dapat mendownload melalui aplikasi di Playstore. Aplikasi tersebut nantinya akan terkoneksi melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Disdukcapil masing-masing daerah. “Akses data ini hanya bisa dibuka oleh Disdukcapil melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Ini untuk mengantisipasi adanya kebocoran data kependudukan masyarakat,” kata Maria Fitri, Selasa (23/8/2022).

BACA JUGA:  Dukung Lampung Barat Hebat, Pekon Sidomulyo Manfaatkan Limbah Jadi Kotak Sampah

Lebih lanjut, ia menjelaskan, aplikasi tersebut untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan data kependudukan. Selain itu ke depan jika aplikasi tersebut sudah benar-benar diterapkan maka tidak diperlukan lagi fisik. “Karena kita bisa menunjukan data kita lewat aplikasi android,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, aplikasi tersebut telah diproteksi, bahkan data dalam aplikasi tersebut juga tidak dapat di screenshot. “Data dalam aplikasi ini tidak dapat di screenshot. Karena memang dari sana sudah diprotect. Kemudian aktivitas pada aplikasi tersebut,  terlacak telah membagikan ke siapa saja,” urainya.

BACA JUGA:  KPPU: Praktik Tying Agreement Minyak Goreng Pelanggaran

Sebelumnya, Pemkot Metro telah melakukan uji coba Digital ID dan diterapkan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah setempat. Uji coba pertama pada ASN di lingkungan Disdukcapil, kemudian  merambah ke ASN Pemkot Metro. (HL-dwi)