Sandiaga Uno Hadiri Pameran AKI di Lampung

34
Ketua Dekranasda Lampung, Riana Sari mendampingi Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri Pameran AKI 2021, di Mal Boemi Kedaton Kota Bandar Lampung, Sabtu (23/10/2021). (foto: Diskominfotik)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Ketua Dekranasda Lampung, Riana Sari mengatakan, kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memberikan semangat pariwisata dan UMKM menuju “Lampung Berjaya”.

“UMKM, pariwisata, kuliner daerah ini tak kalah dengan provinsi lain,” ujar Ketua Dekranasda, Riana Sari kepada
Menparekraf, Sandiaga Uno yang menghadiri Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di Mal Boemi Kedaton Kota Bandar Lampung, Sabtu (23/10/2021).

Kegiatan AKI 2021 tersebut, dihadiri juga oleh Nur Asia Uno (Istri Menparekraf), Kadis Pariwisata dan Ekraf Edarwan, Miss Universe Indonesia 2019 Frederika, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana, Walikota Metro Qomaru Zaman, dan kepala daerah lain se-Lampung.

Dalam momentum tersebut, Riana Sari Arinal yang berpakaian Batik Siger menyampaikan pantun untuk Menparekraf dan istri.

“Satu titik, dua koma Ibu Nur cantik, Pak Sandi yang punya,” ujar Riana disambut tepuk tangan dan komentar Menparekraf, Sandiaga Uno, Cakeeep!

BACA JUGA:  PLN Putus Aliran Listrik Rumah Warga Miskin di Natar

Sementara itu, Menparekraf, Sandiaga Uno menyatakan, dari beberapa kali kunjungannya, hasil kreasi produk daerah semakin maju.

Dengan digitalisasi, ia yakin pemasaran hasil kreasi-kreasi tersebut akan semakin mudah.

Pada acara yang dimeriahkan 22 stand usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) tersebut, Sandiaga Uno mengatakan ada dua tantangan terkait sektor pariwisata saat pandemi Covid-19 ini. Diuraikannya:

Pertama, bagaimana mengatasi pandemi Covid-19. Presiden Jokowi memperoleh penghargaan sebagai tokoh pariwisata dunia atas keberhasilannya memenangkan Global Tourism Forum Award Tahun 2021.

“Presiden Jokowi tokoh yang betul-betul berjuang untuk mengendalikan Covid-19, mulai dari vaksinasi, tes, tracing treatment, prokes yang terintegrasi Aplikasi Peduli Lindungi,” ujar Sandiaga Uno.

Kedua, bagaimana wisatawan Nusantara (wisman) beralih dari rohali (rombongan hanya liat-liat) menjadi rojali (rombongan jadi beli).

BACA JUGA:  Lagi, Dua Warga Kota Metro Tersandung Perkara Narkoba

Wisatawan tak hanya liat-liat, pengalaman, dan kesan tapi to buy, beli ekonomi kreatif. “Makanya, kita hadirkan 20 produk ekonomi kreatif dari Lampung,” katanya.

Acara berlangsung meriah dengan menampilkan stand makanan dan pakaian, tapis dan batik Lampung yang membuat Sandiaga Uno mengapresiasi kemajuan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.

Stand-stand tersebut antara lain menampilkan stand fesyen (Batik Bukit Selero), kriya (Batik Siger) dan kuliner (Darsa Keripik Buah Lampung dan Rumba Coffee). Pameran dimeriahkan dengan musik Tuan Muda Band, Anda&Brokenjeans dan Tn. Robertus.

Menteri Sandiaga Uno melihat stand pakaian dan mencicipi beberapa kuliner seperti di stand yang menyajikan es cendol pandan, kerupuk kemplang, dan stand kopi khas daerah ini.(HL-Ayu/*)