Berturut-turut, RSUAY Kota Metro Raih Penghargaan RSSIB

87
Ilustrasi

HEADLINELAMPUNG, METRO-Secara berturut-turut selama dua tahun, RSU Ahmad Yani (RSUAY) Kota Metro meraih penghargaan pelaksana terbaik I Rumah Sakit Sayang Ibu dan Bayi (RSSIB) se-Provinsi Lampung, untuk Kategori Rumah Sakit Tipe B.

Plt. Direktur RSUAY dr  Fitri Agustina menjelaskan, penilaian RSSIB diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dalam rangka mendukung program pemerintah guna menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Adapun lomba pelaksana terbaik RSSIB diikuti oleh 13  RS pemerintah dan swasta se-Provinsi Lampung, yang penilaiannya dilaksanakan sejak bulan September hingga Oktober 2021,” kata Fitri Agustina, Jumat (19/11/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, salah satu salah satu program unggulan RSUAY Kota Metro untuk mendukung program nasional RSSIB, yakni AYUMI.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Gandeng Kanwil Dirjen Pajak

“Program AYUMI mencakup optimalisasi call center 24 jam, Unit Reaksi Cepat untuk ibu hamil, MAPS (Mobil Antar Pulang Sehat), ADUHAI (Ahmad Yani Dukung Ibu Hamil dan Menyusui), yang meliputi kelas ibu, senam hamil dan kelompok pendukung ASI (Inisiasi Menyusui Dini, Poli Laktasi),” bebernya.

Lalu, Aster Kumbang (Asuhan Terpadu Klinik Tumbuh Kembang) anak berkebutuhan khusus, jejaring AYUMI (WA grup), Jejaring KP ASI (WA grup), Imunisasi, PMK (Perawatan Metro Kangguru) untuk bayi-bayi dengan berat lahir rendah dengan sentuhan ibu, dan MOMO BABY shoot. 

“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan mengembangkan inovasi, mendukung program pemerintah dalam menurunkan AKI/AKB, kedepannya yang akan segera dikembangkan yakni Program Madani (Mandiri Asuhan Ahmad Yani) yaitu home programme asuhan bagi orang tua dari anak-anak yang mengalami gangguan fase tumbuh kembang untuk bisa melakukan stimulasi tumbuh kembang pada anak-anaknya secara mandiri, yang akan disasarkan langsung ke TK (Taman Kanak-Kanak) yang ada di Kota Metro,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Dandim 0412/LU Cek Rute akan Dilintasi Pangdam II/Sriwijaya di Tiyuh Gedung Ratu Tubaba

Menurutnya, keberhasilan yang diraih oleh RSUAY Kota  Metro merupakan bentuk nyata dukungan Pemerintah Kota Metro beserta jajarannya, mitra kerja terkait dan peran serta aktif masyarakat Kota Metro dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.(HL-dwi)