Gubernur Arinal Kunjungi Kampong Teripang di Provinsi Kepri

82
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melihat langsung sejumlah produk dari Teripang saat mengunjungi Kampong Teripang, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, BINTAN-Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengunjungi industri pengolahan Teripang di Kampong Teripang, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kunjungannya kali ini, Gubernur Arinal didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi, Kepala Perwakilan BI Lampung Budiyono, Deputi Kepala Perwakilan BI, Irfan Farulian, TPID dan sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PTP).

Diketahui, Industri hilirisasi berbahan baku perikanan di Kampong Teripang tersebut, merupakan salah satu sentra produksi tepung ikan, dan hasil olahan lainnya yang berbahan dasar ikan dan teripang yang berada di Kabupaten Bintan Provinsi Kepri.

BACA JUGA:  Adipati Lantik 6 Pejabat Eselon II Hasil Selter, Ba'da Magrib

Komisaris Kampong Teripang, Riki Rionaldi menjelaskan, saat ini di Kampung Teripang terdapat sekitar 200 warga yang aktif sebagai petani teripang, dan memenuhi kebutuhan di sentra produksi Kampong Teripang.

“Teripang, dibeli dari masyarakat dengan harga antara Rp35 ribu sampai Rp50 ribu/kg. Kemudian, diolah menjadi tepung, dan menjadi bahan dasar kosmetik, obat-obatan dan produk lainnya,” jelas Riki, Senin (27/06/2022).

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Ajak Ulama dan Umara Jaga Keharmonisan

Sementara itu, Gubernur Arinal menaruh perhatian serius, dan sangat tertarik dengan industri pengolahan teripang di Kampong Teripang.

Ia berharap, dapat menjalin kerjasama
dengan pengelola Kampong Teripang di Kabupaten Bintan. Karena, Provinsi Lampung, memiliki kekayaan sumber daya kelautan.

“Saya ingin, kedepannya dapat dikembangkan dalam bentuk kerja sama,” ujar Arinal.(HL-Bud/*)